Kamis, 01 September 2011

JANTUNG (HEART DISEASE)

Jantung adalah organ yang bertugas memompa darah yang kaya akan oksigen dan zat-zat gizi untuk diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Gangguan pada jantung akan berakibat fatal yang sering berakhir dengan kematian. Masalah-masalah pada jantung yang biasanya berhubungan dengan pembuluh darah antara lain adalah :


Angina Pectoris
Rasa nyeri karena sedikitnya Oksigen yang sampai ke jantung karena atherosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) oleh lemak atau bekuan darah (Coronary Trombosit). Angina bisa dipicu oleh karena sering makan terlalu banyak, kerja terlalu berat diluar kemampuan fisik, stress atau terkena hawa dingin secara langsung.
Gejalanya adalah rasa sakit ini menyiksa dari bagian bawah dada dapat menjalar ke bahu, leher, lengan kiri dan punggung.

Congestive Heart Failure
Suatu kondisi dimana sirkulasi darah tidak efisien yang menyebabkan kemacetan pada banyak organ yang dialiri darah. Kejadian ini bisa dipicu selain karena atherosklerosis juga karena penyakit tertentu seperti rematik, demam, serangan jantung, hipotiroidisme dan penyakit beri-beri.

Myocardial Infarction
Serangan jantung tipe ini terjadi bila masalah-masalah di atas tidak ditanggulangi dan berlanjut makin parah hingga ada bagian jantung yang lumpuh atau mati. Sekitar 15% dari serangan jantung tidak akan dirasakan oleh penderitanya (silent coronary). Gejala umum serangan jantung seperti keluar keringat yang tidak normal dan muka pucat, tekanan darah menurun, denyut nadi cepat namun melemah dan muntah-muntah. Demam hebat biasanya muncul 24 - 48 jam setelah serangan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar